9 07 2020 kehidupan 062 Korintus 10:5

“Kami mematahkan setiap siasat orang dan merubuhkan setiap kubu yang dibangun oleh keangkuhan manusia untuk menentang pengenalan akan Allah. Kami menawan segala pikirandan menaklukkannya kepada Kristus,”

Medan pertempurannya ada dalam pikiran manusia. Dengan  menawan   pikiran  manusia,   Setan   mencari  jalan   untuk menguasai seluruh umat manusia. Tanggung jawab kita adalah untuk memerdekakanpikiran manusia dari dominasi iblis dan membawa mereka kembali kepada ketaatan kepada Kristus.  

1. Merdeka dari ketakutan 

 2 Timotius 1:7 “Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban.” Kerinduan Tuhan adalah supaya kita secara terus menerus bisa mengalami kemajuan, naik ke level yang lebih tinggi lagi dalam pengiringan pada Tuhan. Seringkali waktu kita mengambil keputusan untuk melangkah dalam iman dan mentaati Tuhan, musuh mengirimkan ketakutan dan berusaha menghentikan kita. Ketakutan akan bermain di area perasaan kita dan membuat kita tidak bisa maju. Tetapi kabar baiknya adalah bahwa kita punya kuasa atas ketakutan. Alkitab mengatakan bahwa kasih sejati akan mengusir ketakutan. Dalam bahasa Inggris kata “takut” adalah “fear” (False Evidence  Appearing  Real- bukti palsu yang kelihatannya benar). Takut adalah suatu kebohongan. Dengan cara mempercayai Firman Tuhandan menerima kasih Tuhan, Saudara bisa mengalahkan ketakutan dan bergerak maju dalam kehidupan yang luar biasa yang telah Tuhan persiapkan bagi Saudara! 

2. Merdeka dari kekuatiran

Dalam Matius 14:17, murid-murid mengatakan hanya ada 5 roti dan 2 ikan. Bagaimana perasaan Yesus waktu murid-murid menghitung apa yang ada di keranjang makanan Si Anak kecil? Apakah Yesus mengharapkan seseorang untuk menghitung sampai delapan? Delapan di sini maksudnya lima roti dan dua ekor ikan, ditambah Yesus! Yesus yang sama yang memberitahu kita, bahwa Tuhan akan memberikan apa yang kita minta  (Lukas 11:10, Yohanes 15:7, Markus 11:24). Sebenarnya solusi untuk masalah mereka pada waktu itu sementara berdiri di depan mereka. Tetapi murid-murid berhenti menghitung sampai tujuh dan mulai kuatir. Ada delapan penghentiketakutan dan kekuatiran, yaitu Pray first(Pertama, berdoa), Easy now(Tenang), Act on(Hadapilah), Compile(Susun daftar kekuatiran), Evaluate (Evaluasi kategori-kategori kekuatiran Saudara), Focus on today(Fokus pada hari ini), Unleash(Lepaskan prajurit kekuatiran), Let God be enough  (Biarlah Tuhan saja cukup).

P – E – A – C – E – F – U - L