Jehovah JirehhhHosea 4:6
Umat-Ku binasa karena tidak mengenal Allah,.... Dalam terjemahan King James Version  My people are destroyed for lack of knowledge,...
 
Bahasa Ibrani  “Mengenal” Allah yaitu “TEDAATH” yang berarti :
• Pengetahuan dalam mengenal siapa dihadapan kita
• Hikmat
• Ilmu Pengetahuan
• Wawasan yang Luas
• Keterampilan dalam berpikir
 
Jehovah Jireh yang berarti Tuhan yang Melihat dan Menyediakan dalam terjemahan King James Version Jehovah Jireh (Kejadian 22:14). Jadi Tuhan akan menyediakan segala kebutuhan anda, ingat bukan segala keinginan anda tetapi segala KEBUTUHAN anda.
 
Ada 6 hal supaya Jehovah Jireh terjadi didalam kehidupan kita :
 
1. Mengenal Tuhan ALLAH SEBAGAI PRIBADI Yang Benar (Kejadian 22:1-2)
Abraham adalah orang yang suka bernegosiasi tetapi didalam Kejadian 22 saat Tuhan melakukan ujian kepada Abraham, Abraham tidak ada kata bernegosiasi. ”Allah tidak pernah salah dalam bertindak”. ALLAH SELALU BENAR!
 
Logika manusia tidak bisa dibandingkan
dengan Pribadi Tuhan Allah yang Benar!!
 
2. Merespon dengan Cepat Perintah Tuhan
“Keesokan harinya pagi-pagi  bangunlah Abraham...”  (Kejadian 22:3). Abraham tidak menunda-nunda apa yang Tuhan perintah. Demikian juga dengan kehidupan saudara, ketika Tuhan berbicara didalam hati saudara segeralah melakukannya. Tuhan menginginkan kita cepat merespon apa yang Tuhan katakan.
 
3. Iman Diuji dalam Perjalanan Kehidupan
Abraham melayangkan pandangannya kepada gunung yang telah Tuhan katakan (Kejadian 22:4). Arahkan PANDANGAN saudara kepada Upah yang menanti Wahyu 22:12 “...Aku membawa upah-Ku”.
 
4. Nubuatkan perkara yang baik kedalam dirimu (Kejadian 22:5)
Nubuatkan diri saudara dengan perkara yang baik Amsal 18:21 “Hidup dan mati dikuasai lidah, siapa suka menggemakannya, akan memakan buahnya”. Perkataan - perkataan yang baik dalam mulut saudara membuktikan Hidup saudara mempunyai HARAPAN.
 
5. Ketaatan Membutuhkan Pengorbanan, dan Pengorbanan itu menyakitkan
Ketaatan Itu Membutuhkan Pengorbanan, dan Pengorbanan itu menyakitkan, seperti Abraham yang rela memberikan Ishak anaknya untuk mejadi persembahan korban bakaran di atas gunung padahal Ishak tidak tau yang akan menjadi korbah persembahan adalah dia (Kejadian 22:6-10)
 
6. Takut akan Tuhan mendatangkan Kuasa Tuhan, Berkat Tuhan dan Anugerah Tuhan
Takut akan Tuhan bukan berarti anda bersembunyi, tetapi taat akan apa yang Tuhan katakan sehingga saat saudara takut akan Tuhan, Kuasa-Nya, Berkat-Nya dan Anugrah-Nya akan dicurahkan kepada saudara. Pada saat Abraham hendak menyembelih anaknya Malaikat Tuhan datang serta berkata “...Jangan bunuh anak itu dan jangan kauapa-apakan dia, sebab telah Kuketahui sekarang, bahwa engkau takut ( KJV : Fearest ) akan Allah, dan engkau tidak segan-segan untuk menyerahkan anakmu yang tunggal kepada-Ku." (Kejadian 22:11-12). Lalu Abraham menoleh dan melihat seekor domba jantan yang tanduknya tersangkut dan Abraham segera mengambilnya untuk mejadikan korban bakar pengganti anaknya(Ay.14).
 
Kejadian 22:14 
Dan Abraham menamai tempat itu: "TUHAN menyediakan"; sebab itu sampai sekarang dikatakan orang: "Di atas gunung TUHAN, akan disediakan."