Mohon Maaf lahir dan Batin1. Jika Anda MENGASIHI maka ANDA akan MENGAMPUNI.
Jika saudara mengasihi keluarga saudara atau teman saudara tentunya saudara akan mengampuni apapun kesalahan yang mereka perbuat. Sama seperti Tuhan, Ia sangat mengasihi kita walaupun kita berbuat salah yang menimbulkan dosa, tetapi Tuhan tetap mengampuni umat manusia.  Lukas 23:34 Yesus berkata: “Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat.” Ia bahkan memberikan Anak-Nya yang tunggal untuk menebus dosa umat manusia (Yohanes 3:16).
 
2. MENGAPUNI Membuat Kehidupan Jasmani dan Rohani Anda Sehat.
Dalam Journal of Behavioural Medicine mengampuni dapat meningkatkan respon imun, menurunkan tekanan darah, meningkatkan tidur, mengurangi kecemasan dan depresi, meningkatkan harga diri, serta memberikan saudara ketenangan pikiran. Amsal 28:13 Siapa menyembunyikan pelanggarannya tidak akan beruntung, tetapi siapa mengakuinya  dan meninggalkannya akan disayangi.
 
3. MENGAMPUNI adalah TINDAKAN SETIAP SAAT dan SEUMUR HIDUP bukan hanya satu waktu.
Matius 18:21-22 “Kemudian datanglah Petrus dan berkata kepada Yesus: "Tuhan, sampai berapa kali aku harus mengampuni saudaraku jika ia berbuat dosa terhadap aku? Sampai tujuh kali?" Yesus berkata kepadanya: "Bukan! Aku berkata kepadamu: Bukan sampai tujuh kali, melainkan sampai tujuh puluh kali tujuh kali”. Angka 7 merupakan angka SEMPURNA, ANGKA SABAT (Kejadian 2:2-3) kemudian angka 70 merupakan Umur Hidup (Mazmur 90:10) berarti saudara harus mengapuni SEUMUR HIDUP saudara.
 
Bagaimana caranya memaafkan ? caranya adalah terima keadaannya, lepaskan dan lupakan, hindari kata-kata negatif, tuliskan dan hancurkan, berhenti menghakimi diri sendiri. Roma 12:21 "Janganlah kamu kalah terhadap kejahatan, tetapi kalahkanlah kejahatan dengan kebaikan!"
 
4. TANDA HIDUP KRISTEN ADALAH MENGAMPUNI.
1 Yohanes 4:12 "Tidak ada seorangpun yang pernah melihat Allah.  Jika kita saling mengasihi, Allah tetap di dalam kita, dan kasih-Nya sempurna di dalam kita". TANDA SAUDARA ANAK ALLAH adalah SAAT SAUDARA MENGAMPUNI. 1 Yohanes 4:20 "Jikalau seorang berkata: "Aku mengasihi Allah," dan ia membenci saudaranya, maka ia adalah pendusta,  karena barangsiapa tidak mengasihi saudaranya yang dilihatnya, tidak mungkin mengasihi Allah, yang tidak dilihatnya"
 
5. RAHASIA DOA DIJAWAB adalah MENGAMPUNI TERLEBIH DAHULU.
Markus 11:24-25 "Karena itu Aku berkata kepadamu: apa saja yang kamu minta dan doakan, percayalah bahwa kamu telah menerimanya, maka hal itu akan diberikan kepadamu. Dan jika kamu berdiri untuk berdoa, ampunilah dahulu sekiranya ada barang sesuatu dalam hatimu terhadap seseorang, supaya juga Bapamu yang di sorga mengampuni kesalahan-kesalahanmu". Jika saudara tidak mengampuni, maka Bapa disorga tidak akan mengampuni saudara terlebih lagi doa yang saudara doakan tidak akan dijawab.
 
6. PENGAMPUNAN Membuka Berkat Kehidupan bagi kita.
Pengampunan adalah kunci turunnya berkat dalam kehidupan, Matius 5:8 "Berbahagialah orang yang suci hatinya ( Greek: KATHAROS ), karena mereka akan melihat Allah.  Arti kata Katharos adalah bersih, polos, putih, tanpa cacat, tidak ada kepura-puraan, tidak munafik, tidak memakai topeng, tidak ada kebohongan, tidak ada kepalsuan, tidak ada noda". Semua manusia memang berbuat dosa sehingga kehilangan kemuliaan Allah, tetapi Dia yang telah mengampuni kesalahan saudara dan menyembuhkan segala penyakit saudara.
 
Pengampunan merupakan tindakan. Saudara tidak bisa mengampuni hanya dari mulut saudara saja tetapi pengampunan merupakan tindakan untuk melepaskan dan melupakan. Tuhan akan mengampuni saudara ketika saudara melakukan tindakan untuk mengampuni sesama saudara Matius 6:12 ( GREEK ) “Dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga (HOS) mengampuni orang yang bersalah kepada kami”. HOS yang berarti telah melakukan tindakan