JEHOVAH CHAYMazmur 42:9 
“TUHAN memerintahkan kasih setia-Nya pada siang hari, dan pada malam hari aku menyanyikan nyanyian, suatu doa kepada Allah kehidupanku

 

Chay yang berarti : hidup, kehidupan, hayat, revival/bergerak/kegerakan, kesegaran

1. Kehidupanberasal dari Tuhan Allah yang menciptakan segala mahkluk hidup.

Jehovah Chay adalah sumber dari segala sumber kehidupan di alam semestaMazmur 36:10“Sebab pada-Mu ada sumber hayat, di dalam terang-Mu kami melihat terang”.

2. Hidup Manusia Bernilai Tinggi, Mulia dan sangat Berharga.

Kejadian 2:7“TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu  tanah dan menghembuskan nafas hidup( Heb : NASHAMMAH CHAY )ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup”. Tuhan sangat mengasih saudara karna saudara sangat berharga di mata-Nya (Yesaya 43:4).

3. Tuhan Yesus Kristus adalah Jehovah Chay yang menyatakan diri-Nya.

Didalam alkitab Tuhan menyatakan diri-Nya; Akulah roti hidup(Yohanes 6:51); Akulah jalan dan kebenaran dan hidup(Yohanes 11:25). Ketika kita mengikut Tuhan pasti kita mempunyai terang hidup (Yohanes 8:12).

4. Tuhan Yesus datang kedunia untuk Menebus manusia dan Memberikan kehidupan kekal.

Awalnya manusia sudah jatuh ke dalam dosa dan berakhir ke dalam neraka, tetapi Tuhan Yesus datang ke dunia untuk menebus dosa manusia dan memberikan kehidupan kekal kepada manusia Roma 6:23“Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita”. Tuhan sudah memberitahukan bahwa pada hari Adam dan Hawa memakan buahnya pasti Adam dan Hawa akan mati.

Yohanes 10:10“Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.” Kata hidupdalam bahasa Greekyaitu ZOE. Zoe yang berarti Hidup yang menunjukkan kepada Roh, Kekal Yohanes 3:16“...supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup ( ZOE )yang kekal”.

5. Hidup didalam Dunia hanya sementara.

Hidup yang saudara jalani sekarang ini sama seperti uap terkadang kelihatan dan lalu menghilang, ada juga hidup seperti roda yang berputar. Hidup saudara didunia ini hanya sementara  Mazmur 90:10“Masa hidup kami tujuh puluh tahun dan jika kami kuat, delapan puluh tahun, dan kebanggaannya adalah kesukaran dan penderitaan”. Berapa lama hidup kita didunia di hadapan Tuhan ? 2 Petrus 3:8“Akan tetapi, saudara-saudaraku yang kekasih, yang satu ini tidak boleh kamu lupakan, yaitu, bahwa di hadapan Tuhan satu hari sama seperti seribu tahundan seribu tahun sama seperti satu hari”. 

6. Hidup yang kita miliki adalah Anugerahdan Kesempatanyang Tuhan berikan.

Mazmur 90:12“Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian, hingga kami beroleh hati yang bijaksana” kita harus mengucap syukur atas hari-hari yang sudah diberikan oleh Tuhan untuk saudara. Pergunakanlah hari-hari dan waktu yang sudah diberikan dengan seterbaik mungkin, karena hari semakin hari adalah jahat. Biarlah waktu dan hari dipergunakan menurut kehendak Allah (1 Petrus 4:2)