teratur dlm hdp"Sebab Allah tidak menghendaki kekacauan, tetapi damai sejahtera.”
1 Korintus 14:33

A. Keteraturan membutuhkkna KOMITMEN dan KETEKUNAN

 Komitmen dan Ketekunan sangat penting bagi kita untuk keeraturan kehidupan kita.

Kita percaya bahwa Tuhan selalu menyediakan yang terbaik bagi kita. Ketika kita mau mengambil keputusan untuk berkomitmen dan bertekun untuk mengatur kehidupan kita lebih baik percaya kita pasti akan hidup dalam keteraturan.

Untuk itu mari kita berkomitmen dan bertekun untuk hidup teratur dalam diri kita.

 B. Keteraturan membutuuhkan KESIAPAN memperbaiki kesalahan dan meninggalkan kebiasaan negative.

2 SAM 12:1-14

Kita tau Bersama bagaimana cerita Daud ini, dia yang sudah jatuh dalam dosa perzinahan, bahkan Daud sampai membuat Uria mati di medan pertempuran. Itu semua dia lakukan hanya untuk keinginan napsu dagingnya saja. Dan saat itu Nabi Natan datang kepada Daud untuk memperingatkan Daud akan kesalahan yang telah dia buat, melalui Ilustrasi “ Disebuah kota ada seorang kaya dan seorang lagi miskin.” Ilustrasi tersebut tidak lain adalah kesalah yang telah daud perbuat. Dan akhirnya pun Daud menyadari semua kesalahan yang sudah dia perbuat. Dan dia sangat menyesalinya.

2 SAM 12:13 “Lalu berkatalah Daud kepada Natan: “Aku sudah berdosa kepada TUHAN”

Pada saat itu daud mengaku berdosa dihadapan Tuhan, dan daud mau memperbaiki kesalahan-kesalahan nya dengan menanggung semuanya, salah satunya adalah anak yang akan dilahirkan itu akan mati. Dan daud harus mempunyai kesiapan untuk memperbaiki semua kesalahannya itu dan mau meninggalkan kesalahannya itu.

Begitu juga dengan kita ketika kita mau hidup teratur kita juga membutuhkan kesiapan untuk memperbaiki semua kesalahan-kesalahan kita perbuat dan mau meninggalkan hal-hal yang negative. 

Bahkan mungkin itu kesalahan yang sangat besar bagi kita, tapi ketika kita memiliki kesiapan untuk memperbaiki kesalahan kita dan meninggalkannya Percaya bahwa kita akan hidup dalam keteraturan kita akan hidup dalam damai sejahtera.

 C. Keteraturan membutuhkan Kesiapan untuk menentukan PRIORITAS HIDUP

 

MAT 6:33 “Tetapi carilah dahulu Kerajaaan Allah dan kebenarannya, maka semuannya itu akan ditambahkan kepadamu.”

Siapakah Yang prioritas dalam hidupmu? Apakah isterimu, suamimu, anakmu, pacarmu, hartamu atau bahkan pekerjaanmu? Apakah itu semua yang prioritas dalam hidum saudara?

Kalau saudara menjawab “iya” berarti kehidupan saudara hidap dalam ketidakteraturan!

Ketika kita mau hidup dalam keteraturan kita mau memahami dengan baik siapa yang paling prioritas dalam hidup kita. IYA, Tuhan lah yang paling utama/prioritas dalam hidup kita, seperti ayat yang kita sudah baca diatas kita mau mencari Tuhan dan kebenarannya dan semua yang kita perlukan itu adalah tambahan buat kita.

Jadi jika kita mau hidup dalam keteraturan kita harus tau dulu siapa yang kita prioritaskan dalam kehidupan kita! 

Yeremia 17:7 “Diberkatilah orang yang mengandalkan Tuhan, yang menaruh harapannya hanya kepada Tuhan”

 D. Orang yang hidup Teratur akan mengalami KEMUDAHAN dan DAMAI SEJAHTERA

KELUARAN 18

Ya ketika kita hidup dalam keteraturan kita akan mengalami kemudahan dan damai sejahtera, seperti yang dilakukan musa bagaimana dia hidup dalam keteraturan, dan saat itu dia kembali bertemu dengan isterinya dan mereka saling menceriakan tentang keselamatan mereka, dan mereka bersukacita. Begitu juga dengan kita ketika kita mau hidup teratur, kita akan mengalami kemudahan dalam hidup ini, baik dalam sekolah kita, pekerjaan  kita, keluarga kita, dan lain-lain, pasti kita akan mengalami kemudahan dan pastinya damai sejahtera selalu Bersama kita.

 E. Keteraturan akan membawa kita kepada KESAKSIAN yang menjadi berkat.

Ketika kita hidup teratur kita juga dapat menyaksikan pertolongan Tuhan dalam hidup kita, kita bisa menjadi berkat diluar sana lewat kesaksian kita yang kita berikan kepada orang-orang yang belum kenal Tuhan mungkin, atau orang-orang yang masih hidup dalam kekacauan kita bisa menjadi saksi bagi mereka untuk hidup dalam keteraturan, dengan kbegitu kita menjadi berkat untukk orang lain.

MARKUS 1:35  “Pagi-pagi benar, waktu hari masih gelap, Ia bangun dan pergi keluar. Ia pergi ketempat yang sunyi dan berda disana.”

 

KOL 2:5 “Sebab meskipun aku sendir tidak ada diantara kamu, tetapi dalam roh aku Bersama-sama dengan kamu dan aku melihat dengan sukacita tertib hidupmu dan keteguhan imanmu dalam kristus.”

1TES 5:14 “Kami  juga menasihati kamu, saudara-saudara, tegorlah mereka yang hidup dengan tidak tertib, hiburlah mereka yang tawar hati, belalah mereka yang lemah, sabarlah terhadap semua orang.”

 

2 TIM 1:7 “Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban.”

Belajarlah untuk berani menjadi saksi dimana kita berada karena Keteraturan akan membawa kita kepada Kesaksian kita yang menjadi berkat buat orang lain.

  

APA MANFAAT HIDUP TERTIB/TERATUR…

1. Hidup teratur adalah KUNCI KESUKSESAN

DANIEL 6:11 “Demi didengar Daniel, bahwa surat perintah itu telah dibuat, perglah ia kerumahnya. Dalam kamar atasnya ada tingkap-tingkap yang terbuka kea rah Yerusalem; tiga kali sehari ia berlutut, berdoa serta memuji Allahnya, seperti yang biasa dilakukannya.”

Ketika kita hidup teratur dalam hal berdoa percaya itu akan menjadi Kunci Kesuksesan kita.

2. Hidup teratur/tertib menghasilkan TEROBOSAN

3. Tuhan bekerja lewat KETERTIBAN HIDUP

1 KOR 14:40 “Tetapi segala sesuatu harus berlangsung dengan sopan dan teratur”

 

KITA BUKAN ORANG DUNIA YANG BERJALAN MENUJU SORGA…

TETAPI KITA ADALAH ORANG SORGAWI

YANG DITEMPATKAN TUHAN DIMUKA BUMI

UNTUK MENJADI BERKAT BAGI BANYAK ORANG