Jangan IriAyat Hafalan :

Keluaran 20:17 (BIMK)

“Jangan menginginkan kepunyaan orang lain : rumahnya, istrinya, hamba-hambanya, ternaknya, keledainya, atau apapun yang dimilikinya”

Tidak semua teman kalian dapat memiliki mainan yang cukup baik seperti yang kalian punyai, atau bahkan tidak semua teman kalian juga dapat bersekolah dan mempunyai pendidikan yang cukup baik seperti yang kalian miliki, tetapi jika kalian iri melihat ada teman kalian yang mempunyai lebih dari dari yang kalian miliki saat ini, maka perasaan iri hati tersebut akan membuat hati kalian menjadi sangat marah dan tidak terkendali, itulah salah satu bentuk dari iri hati. Jangan pernah iri hati, karena ketika kalian iri hati :

  • Kalian tidak mengucap syukur

Tahun baru identik dengan segala sesuatu yang baru, sesuatu yang wajar apabila kalian menginginkan sepatu atau baju baru, tetapi ketika orang tua kalian belum dapat memberikan semuanya itu, apakah berarti kalian akan kehilangan rasa sukacita kalian ? minggu ini kita belajar untuk tidak perlu iri hati dengan teman yang mempunyai sepatu atau baju baru, daripada iri hati, lebih baik doakan orang tua kalian agar semakin diberkati Tuhan.

  • Kalian tidak percaya kepada Tuhan

Ketika kalian mendoakan orang tua kalian agar semakin diberkati, itu sementara kalian juga membuang perasaan iri hati kalian terhadap teman kalian, dan ketika kalian berdoa kepada Tuhan, artinya kalian percaya dengan kuasa Tuhan yang dapat memberkati keluarga kalian. Oleh karena itu jangan iri hati, karena hal tersebut dapat membuat kalian meragukan kasih Tuhan kepada kalian.

  • Kalian akan membawa orang lain kedalam dosa

‘Aku tidak mau kalah dengan baju dan sepatu baru yang dia pakai ! oleh karena itu aku akan menyobek bajunya dan menginjak sepatunya supaya terlihat kotor’. Perhatikan contoh diatas, ketika iri hati muncul, maka kalian akan dapat melakukan perbuatan yang tidak menyenangkan terhadap orang lain, dan yang lebih buruknya, kalian akan mengajak teman kalian untuk melakukan hal yang serupa. Minggu ini sudah jelas, bahwa untuk menjadi anak yang hebat dan luar biasa, kalian perlu membuang jauh perasaan iri hati tersebut. Jangan iri hati, sebaliknya mengucap syukurlah senantiasa dalam setiap waktu.