Barang pinjamKasus keledai di Lukas 19:29-34
Adalah sebuah kisah yang unik, Tuhan Yesus menyuruh murid-murid “Mengambil seekor keledai yang bukan miliknya”. Jika Anda membaca sekilas Lukas 19:29-34..
Ketika Ia telah dekat Betfage dan Betania, yang terletak di gunung yang bernama Bukit Zaitun, Yesus menyuruh dua orang murid-Nya dengan pesan: "Pergilah ke kampung yang di depanmu itu: Pada waktu kamu masuk di situ, kamu akan mendapati seekor keledai muda tertambat, yang belum pernah ditunggangi orang. Lepaskanlah keledai itu dan bawalah ke mari. Dan jika ada orang bertanya kepadamu: Mengapa kamu melepaskannya? jawablah begini: Tuhan memerlukannya." Lalu pergilah mereka yang disuruh itu, dan mereka mendapati segala sesuatu seperti yang telah dikatakan Yesus. Ketika mereka melepaskan keledai itu, berkatalah orang yang empunya keledai itu: "Mengapa kamu melepaskan keledai itu?" Kata mereka: "Tuhan memerlukannya." 
 
Ini adalah sebuah kisah yang unik dalam pemandangan setiap kita sebagai seorang manusia yang berjalan dengan dalil pikiran biasa, sebenarnya ini adalah sebuah analogi yang sangat kompleks dari satu kesatuan yang sangat besar. Ini sebuah Theologia besar yang seringkali diperdebatkan oleh para pakar theologia kekristenan..Hari ini kita akan melihat dari sisi yang berbeda, yaitu dari sisi Mengapa Tuhan Yesus menyuruh para Murid mengambil keledai itu?..( jika kita membaca secara cepat kita menganggap Yesus menyuruh para murid-Nya mencuri ). Sebenarnya dalam Hal ini Tuhan Yesus tidak menyuruh “ mengambil “ dalam artian “ Mencuri “ tetapi MEMINJAM.
Markus 11:3
Dan jika ada orang mengatakan kepadamu: Mengapa kamu lakukan itu, jawablah: Tuhan memerlukannya. Ia akan segera mengembalikannya ke sini."
 
Ini sebenarnya Tuhan sementara memberikan pelajaran Hidup tentang Hal “ Barang Pinjaman “.
Keledai adalah Alat yang digunakan Yesus untuk 
- Menggenapi Nubuatan Zakharia 9:9
- Transportasi Tuhan Yesus
- Perubahan Penyembahan di Yerusalem
- Lambang Perdamaian
 
Bandingkan :
2 Raja-raja 6:5
Dan terjadilah, ketika seorang sedang menumbangkan sebatang pohon, jatuhlah mata kapaknya ke dalam air. Lalu berteriak-teriaklah ia: "Wahai tuanku! Itu barang pinjaman!"
 
Semua barang Pinjaman Harus dikembalikan. Itu Sebuah Prinsip.
Semua yang Anda miliki adalah Barang yang Dipinjamkan oleh Tuhan kepada Anda !!..
Tahukah Anda bahwa Hidup Anda ( Tubuh, Jiwa dan Roh ) bukanlah Milik Anda, Itu Tuhan Pinjamkan kepada Anda. Suatu Saat Anda harus mengembalikannya kepada Sang Pemilik dan bertanggung jawab atas segala apa yang diperbuat terhadap barang Pinjaman tersebut.
 
1 Korintus 10:26
Karena: "bumi serta segala isinya adalah milik Tuhan."