Biarkan Tuhan Yesus Meringankan Beban Anda“Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Kupun ringan.”
~Matius 11:28-30~
 
Saya tidak tahu beban apa yang Anda pikul saat ini. Saya tidak tahu apa yang memberatkan Anda.  Namun saya tahu jalan keluarnya. 
 
Tuhan Yesus berkata,”Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Kupun ringan.” (Matius 11:28-30)
 
Selama bertahun-tahun saya tidak memahami ayat ini, karena saya tidak mengerti apa yang dimaksud dengan “kuk”.  Saat Tuhan Yesus berkata, “Pikullah kuk yang Kupasang”, kedengarannya seperti Tuhan Yesus akan memberikan sesuatu hal lain untuk dilakukan. Masalah saya sudah berat, Tuhan.  Saya tidak perlu memperoleh masalahmu lagi.
 
Kuk adalah papan kayu yang dibentuk seperti dua busur dan dapat ditaruh pada dua hewan ternak supaya mereka dapat menarik kereta.
 
Kegunaan dari kuk itu adalah untuk membagi beban menjadi dua.  Tanpa kuk, seekor kerbau harus menarik beban itu sendiri.  Tetapi kalau kita memasang kuk di kerbau itu dan di seekor kerbau yang lain, maka keduanya sama-sama menarik beban, sehingga beratnya terbagi dua.
 
Ketika Tuhan Yesus berkata untuk mengambil kuk-Nya, Ia tidak bermaksud untuk memberikan Anda masalah-Nya.  Tuhan Yesus tidak mempunyai masalah!  Ia berkata Ia akan menanggung masalah Anda.  Ia akan menanggung beban Anda.  Ia akan mengambil stress Anda dan mengatasinya bersama-sama dengan Anda.
 
Wow!
 
Yesus mengatakan tiga kata kerja di ayat ini: datang, lihat, dan ambil.  Yesus berkata,”Datanglah kepadaku. Kerja samalah dengan-Ku.  Lalu belajarlah dari-Ku.  Ambilah beban yang lebih ringan.  Ini akan menurunkan level stressmu.  Ini akan mempermudah kamu dalam menjalani hidupmu.”
 
Saat Anda mengangkat kuk dengan Kristus, Anda berjalan bersama dengan Dia.  Anda maju ke arah yang sama dan dengan kecepatan yang sama.  Dan, Anda berjalan ke arah yang benar dengan kecepatan yang benar.
 
Renungan harian ini diambil dari “Pastor Rick’s Daily Hope”. Digunakan dengan ijin. Renungan harian ini juga dapat diakses melalui