mendengarkan anda“Janganlah mereka memfitnah, janganlah mereka bertengkar, hendaklah mereka selalu ramah dan bersikap lemah lembut terhadap semua orang.”
~Titus 3:2~
 
Sikap yang lemah lembut adalah kesaksian yang baik buat orang-orang yang belum percaya.  Mereka menyaksikan Anda setiap saat untuk melihat apakah Anda memang berbeda ketika Anda mengalami tekanan.  Ketika Anda menanggapi tekanan dengan lemah lembut, Anda memberikan kesaksian yang luar biasa ke dunia.
  
Alkitab dalam Titus 3:2 mengatakan, “Janganlah mereka memfitnah, janganlah mereka bertengkar, hendaklah mereka selalu ramah dan bersikap lemah lembut terhadap semua orang.”
  
Kalau Anda mengaku sebagai pengikut Yesus, Anda tidak diperbolehkan untuk berbicara jahat tentang siapa pun.  Anda tidak boleh bertengkar.  Sebaliknya Anda harus bersikap lembut dengan semua orang, dan Anda harus menunjukkan rasa hormat kepada semua orang.  Apakah semua orang itu termasuk juga orang-orang dari partai politik yang berbeda? Ya.
  
Tuhan memberi saya karunia penginjilan, yang artinya saya perlu menghabiskan sebagian besar waktu saya ketika saya tidak di Gereja Saddleback berbicara dengan orang-orang yang tidak sependapat dengan saya.  Tapi saya percaya bahwa Anda tidak bisa memenangi musuh Anda kepada Kristus; Anda hanya bisa memenangi teman Anda.
  
Orang-orang tak akan percaya Yesus sampai mereka mempercayai Anda terlebih dulu.  Orang-orang biasanya tidak menanyakan saya apakah Alkitab itu bisa dipercaya.  Mereka mau melihat apa saya bisa dipercaya.  Apakah saya hidup dengan kejujuran?  Apakah saya lemah lembut?  Apakah saya penuh kasih?  Apakah saya punya belas kasihan?
  
Kalau orang menyukai apa yang mereka lihat, mereka akan mendengarkan apa yang Anda katakan.
  
Kalau Anda benar-benar mentaati Titus 3:2, Anda akan dikritik oleh orang-orang Kristen lain.  Mereka akan bilang Anda berkompromi.  Saya tahu ini dari pengalaman.  Ketika saya bilang saya punya teman-teman yang muslim atau orang-orang atheis atau gay atau Democrats atau Republicans, mereka katakan, “Kog bisa-bisanya Anda lakukan itu?”  Dan mereka menuduh saya berkompromi.
  
Memperlakukan orang lain dengan hormat bukan berarti Anda memkompromikan apa yang Anda percayai.  Berbaik hati dengan orang-orang liberal tidak membuat Anda menjadi seorang liberal.  Berbaik hati dengan orang-orang konservatif tidak membuat Anda menjadi seorang konservatif.
  
Tidak ada orang yang selalu benar setiap kali.  Saya punya teman-teman yang mendukung partai Republicans.  Saya punya teman-teman yang mendukung partai Democrats.  Saya mendukung teman-teman saya.  Mengapa?  Karena ada sesuatu yang lebih penting daripada politik: Kenalkah mereka akan Yesus?
  
“Siap sedialah pada segala waktu untuk memberi pertanggungan jawab kepada tiap-tiap orang yang meminta pertanggungan jawab dari kamu tentang pengharapan yang ada padamu, tetapi haruslah dengan lemah lembut dan hormat” (1 Petrus 3:15b)
 
 
Renungkan
  
Bagaimana cara Anda dengan sengaja mencari teman dari segala lapisan masyarakat sehingga Anda dapat berbicara kepada mereka tentang Yesus?
  
Mengapa menurut Anda sikap yang lemah lembut itu bisa menarik perhatian di zaman sekarang ini?
  
Mengapa Anda perlu siap sedia untuk menjawab setiap orang yang menanyakan alasan dari pengharapan Anda?
 
Renungan harian ini diambil dari "Pastor Rick’s Daily Hope by Rick Warren". Digunakan dengan ijin. Renungan ini dapat diakses melalui https;//global.pastorrick.com/indonesian