Warisan Menanti anda“Roh itu bersaksi bersama-sama dengan roh kita bahwa kita adalah anak-anak Allah. Dan jika kita adalah anak, maka kita juga adalah ahli waris, maksudnya orang-orang yang berhak menerima janji-janji Allah, yang akan menerimanya bersama-sama dengan Kristus, yaitu jika kita menderita bersama-sama dengan Dia, supaya kita juga dipermuliakan bersama-sama dengan Dia.”
~Roma 8:16-17~
 
Kalau Anda adalah anak kandung Bill Gates, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan warisan yang sangat besar.
 
Tapi Anda punya seorang ayah yang lebih kaya daripada Bill Gates.  Bapa Anda di surga sudah menyiapkan warisan untuk Anda sebagai salah satu anaknya.  Alkitab mengatakan dalam Roma 8:16-17, “Roh itu bersaksi bersama-sama dengan roh kita bahwa kita adalah anak-anak Allah.  Dan jika kita adalah anak, maka kita juga adalah ahli waris, maksudnya orang-orang yang berhak menerima janji-janji Allah, yang akan menerimanya bersama-sama dengan Kristus, yaitu jika kita menderita bersama-sama dengan Dia, supaya kita juga dipermuliakan bersama-sama dengan Dia.”
 
Itu adalah salah satu ayat yang paling menakjubkan.  Segala sesuatu yang Tuhan sudah berikan pada anak-Nya Yesus Kristus sudah Ia berikan pada Anda juga.  Anda akan mendapat bagian dari kemuliaan-Nya.  Tidak ada batasnya!  Di surga, Anda akan memiliki akses tak terbatas kepada Tuhan, karena Tuhan menciptakan Anda sebagai anak-Nya.  Tapi Anda harus memilih untuk menjadi anak-Nya dengan meminta Dia untuk menerima Anda ke dalam keluarga-Nya.
 
Setiap orang diciptakan oleh Tuhan, tapi tidak setiap orang adalah anak Tuhan.  Anda harus memilih Dia dan berkata, “Tuhan, aku percaya pada Engkau.  Aku menerima apa yang Engkau lakukan buat aku di kayu salib. Saya percaya pada Anda, dan saya mau mengasihi dan mempercayai Engkau.”  Ketika Anda lakukan itu, Anda menjadi anak Tuhan, dan Anda akan mendapatkan warisan suatu hari nanti.
 
Setiap orang tua ingin tahu bahwa anak mereka bisa ber-tanggung jawab sebelum mereka memberikan warisan.  Seringkali orang tua menguji anak-anak mereka dengan jumlah kecil sebelum mereka diberi jumlah yang lebih besar.  Hal sama berlaku dengan Anda secara rohani. Hidup ini adalah ujian bagi Anda.  Tuhan sedang menguji Anda untuk melihat apa yang Anda lakukan dengan jumlah kecil sebelum Ia mempercayai Anda dengan lebih banyak lagi selama-lamanya.  Ia mengamati apa yang Anda lakukan dengan talenta yang sedikit untuk melihat apakah Anda akan cukup bertanggung jawab untuk menerima talenta yang lebih banyak di surga.  Ia menguji Anda untuk melihat bagaimana Anda menangani sedikit kekayaan yang Ia berikan. Bagaimana Anda menangani hubungan dengan sesama yang Ia berikan pada Anda?  Bagaimana Anda menangani kesempatan-kesempatan kecil yang Ia berikan pada Anda?
 
Kalau Anda melakukannya dengan baik, coba tebak?  Alkitab mengatakan Anda akan dipercayakan dengan lebih banyak lagi di surga: “Barangsiapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar” (Lukas 16:10a).
 
Apa yang sedang Anda lakukan dengan apa yang sudah diberikan Tuhan pada Anda?
 
Renungan harian ini diambil dari "Pastor Rick’s Daily Hope by Rick Warren". Digunakan dengan ijin. Renungan harian ini dapat diakses melalui https://global.pastorrick.com/indonesian