Segala Sesuatu mengenai Tuhan“Sebab segala sesuatu adalah dari Dia, dan oleh Dia, dan kepada Dia: Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya!”
~Roma 11:36~
 
Hidup ini bukan tentang Anda.
 
Hidup ini bukan mengenai keuntungan bisnis atau politik atau yang lain-lain.  Semuanya adalah mengenai Tuhan.  Anda mungkin tahu kalimat pertama dari buku The Purpose Driven Life adalah “Ini bukan mengenai Anda.”  Yang Anda mungkin tak ingat adalah bahwa judul bab pertama adalah “Ini semua tentang Tuhan.”  Dua kalimat itu dipakai bersamaan.  Ini bukan mengenai Anda, karena semuanya adalah mengenai Tuhan.
 
Sampai Anda mengerti hal itu, hidup tidak akan pernah masuk akal.  Sampai Anda mengerti hal itu, apa yang saya katakan tidak akan masuk akal bagi Anda.  Tujuan hidup saya adalah bukan kenyamanan, bukan harta, bukan gengsi, bukan politik, bukan kekuasaan, dan bukan popularitas.  Bukan apa saja yang dunia ini hargai dengan nilai tinggi. Tujuan hidup saya adalah kemuliaan Tuhan.
 
Roma 11:36 mengatakan, “Sebab segala sesuatu adalah dari Dia, dan oleh Dia, dan kepada Dia: Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya!”  Segala sesuatu di planet dan alam semesta ini diciptakan untuk kemuliaan Tuhan.
 
Kemudian, apakah implikasi dari cara pandang itu?
 
Kalau segala sesuatu adalah mengenai Tuhan dan bukan mengenai Anda atau mengenai harta atau popularitas atau apa saja yang dunia pikir penting, maka implikasinya adalah mengasihi Tuhan menjadi prioritas pertama Anda.  Yesus mengatakannya demikian: “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.” (Matius 22:37-38)
 
Tidak ada yang melebihi hal itu, Saudara-saudari!  Kalau Anda tanpa sadar telah melewatkan hal ini, Anda telah menyia-nyiakan hidup Anda. 
 
Hal yang paling penting dalam hidup adalah mengenal dan mengasihi Tuhan yang menciptakan Anda.
 
Renungan harian ini diambil dari “Pastor Rick’s Daily Hope by Rick Warren”. Digunakan dengan ijin. Renungan harian ini dapat diakses melalui https://global.pastorrick.com/indonesian