Apakah hidup anda menjadi berkat“Ada rupa-rupa karunia, tetapi satu Roh. Dan ada rupa-rupa pelayanan, tetapi satu Tuhan. Dan ada berbagai-bagai perbuatan ajaib, tetapi Allah adalah satu yang mengerjakan semuanya dalam semua orang.”
~1 Korintus 12:4-6~
 
Ketika Anda tahu apa karunia rohani/semangat/kemampuan/kepribadian/pengalaman Anda, Anda tahu Anda seharusnya menjadi apa, dan Anda dapat mulai berfokus pada hal-hal itu dan memanfaatkan hidup Anda dengan lebih baik.
 
Pada saat Anda melangkah melewati garis pembatas untuk menjadi anak Tuhan, Anda berkata, “Aku akan mengikuti jalan Tuhan, bukan jalanku. Aku akan membiarkan Tuhan memimpin hidupku. Aku mau ikut tujuan Tuhan, bukan tujuanku. Aku akan berbuat sesuai dengan apa yang Tuhan rancangkan dalam hidupku.”
 
Pada saat Anda melangkah melewati garis pembatas dan menaruh iman dalam Kristus, Tuhan juga memberikan Anda empat karunia:
 
Pengampunan. Roma 5:15 mengatakan, “Karena pelanggaran satu orang, semua orang telah jatuh di dalam kuasa maut, tapi jauh lebih besar lagi kasih karunia Allah dan karunia-Nya, yang dilimpahkan-Nya atas semua orang karena satu orang, yaitu Yesus Kristus.”  Hal pertama yang Yesus lakukan adalah menghapus bersih semua kesalahan yang telah Anda lakukan.  Sudah diampuni!  Tidak ada lagi kutukan atas dosa Anda.
 
Hidup yang kekal.  Tuhan punya rencana jangka panjang untuk Anda.  Alkitab mengatakan dalam Roma 6:23, “Upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.  Anda tidak akan pernah bisa ke surga dengan upaya atau cara sendiri.  Cara satu-satunya Anda akan bisa ke surga adalah dengan pemberian cuma-cuma dari Tuhan yang Anda terima dengan iman.
 
Roh Kudus. Roma 5:5 mengatakan, “Kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus, yang telah dikaruniakan kepada kita.”  Bagaimana Anda tahu ketika Anda membiarkan Tuhan hidup dalam hidup Anda?  Ketika Anda mewujudkan buah Roh Kudus: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan dan penguasaan diri.
 
Kemampuan khusus.  Dalam Alkitab, kemampuan khusus ini disebut karunia rohani.  Karunia rohani berbeda dengan karunia jasmani atau materi.  Ini adalah kemampuan yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan tugas dari Tuhan bagi kehidupan Anda.  Kebanyakan orang percaya bahkan tak tahu mereka punya karunia rohani sama sekali, apalagi tahu apa saja karunia rohani yang mereka punya.  Tapi Anda memiliki karunia rohani.
 
Alkitab mengatakan dalam 1 Korintus 12:4-6, “Ada rupa-rupa karunia, tetapi satu Roh. Dan ada rupa-rupa pelayanan, tetapi satu Tuhan. Dan ada berbagai-bagai perbuatan ajaib, tetapi Allah adalah satu yang mengerjakan semuanya dalam semua orang.”
 
Apakah karunia rohani itu?  Tuhan punya tujuan untuk hidup Anda, dan karunia rohani adalah kemampuan yang Dia berikan bagi Anda untuk melakukan apa yang Dia minta Anda lakukan.  Tuhan tidak akan meminta Anda melakukan sesuatu yang tak sesuai dengan kemampuan yang sudah Dia berikan pada Anda.  Karunia itu diberikan pada Anda ketika Anda menerima Kristus.  Anda tidak bisa memilih karunia Anda.  Anda tidak bisa berupaya mendapatkan karunia itu.
 
Karunia itu juga bukan untuk keuntungan Anda.  Karunia rohani itu diberikan pada Anda untuk menolong orang lain.  Dan orang-orang lain di keluarga gereja diberikan karunia rohani untuk menolong Anda.
 
Ketika saya memakai karunia rohani untuk mengajar, Anda mendapatkan berkat.  Ketika Anda menggunakan karunia rohani, orang-orang dalam gereja akan diberkati.  Ini seperti puzzle.  Kalau Anda kekurangan satu bagian dalam puzzle, apa yang pertama kali Anda amati?  Tentu saja kita akan langsung bisa melihat bagian yang hilang.  Kalau Anda tidak mengembangkan dan memakai karunia rohani Anda, maka kita semua seperti puzzle yang tidak lengkap .
 
Renungan harian ini diambil dari "Pastor Rick’s Daily Hope by Rick Warren". Digunakan dengan ijin. Renungan harian ini dapat diakses melalui https://global.pastorrick.com/indonesian