Doakan Firman Kembali kepada Tuhan“TUHAN adalah gembalaku, takkan kekurangan aku. Ia membaringkan aku di padang yang berumput hijau, Ia membimbing aku ke air yang tenang.”
~Mazmur 23:1-2~
 
Anda dapat menggunakan berbagai metode untuk merenungkan Firman Tuhan dan menerapkannya dalam hidup Anda.  Setiap metode tersebut menekankan suatu hal yang berbeda sedikit, namun tujuannya adalah selalu untuk mendapatkan hasil maksimal dari waktu Anda dengan Firman Tuhan.
 
Dengan menggunakan metode “doakan ayat”, Anda letakkan pesan apa pun yang sedang Anda pelajari dengan diri sebagai subyek dan doakan itu kembali kepada Tuhan.  Dengan metode ini,  Anda tidak perlu memutuskan untuk berdoa atau membaca Alkitab dahulu dalam saat teduh Anda, karena Anda akan melakukannya bersamaan!  Dan, Anda tahu bahwa doa Anda akan dijawab karena itu adalah Firman Tuhan.
 
Ini contoh bagaimana Anda dapat melakukannya dengan Mazmur 23; “Tuhan adalah gembalaku takkan kekurangan aku. Ia membaringkan aku di padang yang berumput hijau, Ia membimbing aku ke air yang tenang; Ia menyegarkan jiwaku. Ia menuntun aku di jalan yang benar oleh karena nama-Nya.”
 
Berhenti dan berpikirlah sejenak untuk berdoa.  Pernahkah Tuhan membuat Anda berbaring? Kadangkala kita kurang berakal sehat untuk beristirahat dan bersantai.  Terkadang Tuhan memaksa Anda untuk berbaring.  Terkadang Dia membuat Anda berbaring di padang rumput hijau karena Anda tidak menjaga diri Anda sendiri. Itu adalah hal yang kita patut ucapkan syukur kepada Tuhan!
 
Pernahkah Anda merasa sedih dan depresi tapi lalu dipulihkan oleh Tuhan? Apakah Tuhan memimpin Anda ke jalan yang benar? Tentu saja!  Mazmur 23 menyediakan kesempatan yang amat besar untuk bersyukur kepada-Nya atas apa yang Ia telah lakukan dalam hidup Anda.
 
Merenungkan Firman dengan menggunakan metode “doakan kembali” akan menyingkapkan keseluruhan dunia yang baru kepada Anda melalui Firman Tuhan.
 
Renungkan
 
Bagaimana penggunaan metode “doakan kembali” menolong kehidupan doa Anda secara umum?
 
Untuk hal apa Anda bersyukur kepada Tuhan hari ini? Bagaimana Ia sudah bekerja dalam hidup Anda?
 
Apa metode lain dalam belajar alkitab yang menolong Anda untuk mendapatkan yang terbaik dalam saat teduh Anda dengan Tuhan?
 
Renungan harian ini diambil dari "Pastor Rick’s Daily Hope by Rick Warren". Digunakan dengan ijin. Renungan harian ini dapat diakses melalui https://global.pastorrick.com/indonesian