tidak bisa tidak miliki waktu“Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.”
~Matius 6:33~
 
Setiap orang bergumul untuk bersaat teduh secara konsisten dari waktu ke waktu.  Ketahuilah bahwa bukan cuma Anda sendiri yang bergumul dengan hal tersebut!  Kabar baiknya adalah bahwa masalah yang biasa akan punya solusi yang sudah biasa juga.  Di lain waktu ketika Anda bergumul dengan saat teduh – atau bahkan sebelum Anda mulai bergumul – cobalah beberapa solusi berikut ini:
 
1.    Buatlah sebuah janji.  Komit pada Tuhan bahwa Anda akan menghabiskan paling tidak beberapa saat dengan Dia setiap harinya, sekali pun itu hanya 2 menit – bukan karena semua orang melakukannya, tapi karena Anda ingin untuk menghabiskan waktu dengan Yesus.  Tuliskanlah komitmen Anda itu.
 
2.    Taruhlah dalam jadwal mingguan Anda.  Letakkan itu di komputer, telepon atau di mana saja Anda menaruh jadwal.  Rencanakan waktu di muka untuk bertemu dengan Tuhan setiap hari, persis seperti Anda membuat janji dengan dokter, makan siang dengan rekan bisnis, atau bertemu bos Anda.
 
3.    Bersiaplah untuk mendapatkan serangan dari si jahat.  Diingatkan terlebih dahulu adalah untuk dipersiapkan.  Iblis akan melakukan apa saja yang ia bisa untuk membuat Anda jauh dari Tuhan.  Berjaga-jagalah dan bersiaplah untuk menghadapi serangan-serangan.
 
4.    Lakukanlah selama enam minggu berturut-turut.  Psikolog mengatakan enam minggu adalah waktu yang dibutuhkan sebuah kebiasaan untuk terbentuk.  Butuh tiga minggu untuk membiasakan diri dengan tugas atau perilaku baru.  Butuh tiga minggu lagi sebelum kebiasaan baru itu menjadi kukuh dalam hidup Anda.  Kebanyakan orang tidak pernah konsisten dalam bersaat teduh dengan Tuhan tiap hari karena mereka tidak pernah melewati rintangan enam minggu tanpa kurang sehari pun.
 
5.    Bergantunglah pada kekuatan Tuhan, bukan tekad sendiri.  Anda hanya dapat sukses dengan kekuatan dari Roh Kudus.  Mintalah Tuhan untuk menguatkan dan memberikan Anda pikiran Kristus, sehingga Anda akan bergantung pada-Nya untuk menolong Anda mengembangkan kebiasaan ini.  Kalau Anda bergantung pada tekad Anda sendiri, Anda jangan berharap bisa tetap konsisten.
 
Yesus ingin Anda menghabiskan waktu dengan Dia.  Ia mati di kayu salib untuk memberikan Anda persekutuan dengan diri-Nya, masakan Anda tidak memiliki waktu untuk bersekutu dengan-Nya.  Yesus berkata dalam Matius 6:33: “Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.”  Aturlah waktu untuk Tuhan, dan itu akan mengubah hidup Anda.
 
Renungkan
 
Langkah-langkah apa yang akan Anda ambil hari ini untuk semakin konsisten dengan saat teduh Anda?
 
Mengapa menurut Anda sebuah saat teduh yang konsisten dengan Tuhan adalah hal yang serius untuk pertumbuhan Kristen Anda? Bagaimana jawaban Anda terhadap pertanyaan ini sejalan dengan cara Anda bersaat teduh?
 
Apakah pekerjaan yang Tuhan mau Anda kerjakan (Mat 6:33)? Bagaimana Anda membuatnya sebagai prioritas dalam hidup Anda?
 
Renungan harian ini diambil dari "Pastor Rick’s Daily Hope by Rick Warren". Digunakan dengan ijin. Renungan harian ini dapat diakses melalui https://global.pastorrick.com/indonesian