mengelola uang anda dengan baikOrang bijaksana hidup dengan kekayaan dan kemewahan, tetapi orang bodoh memboroskan uang mereka dengan cepat.
~Amsal 21:20 GNT~
 
Sebagai seorang pendeta selama hampir 40 tahun, saya bisa memberi tahu Anda bahwa alasan pertama pasangan bercerai bukanlah karena perselingkuhan.  Bukan juga karena kekerasan rumah tangga.
 
Jawabannya adalah hutang.  Pernah suatu waktu, 54 persen perceraian di AS ada hubungannya dengan tekanan finansial.
  
Hal ini sebenarnya tidak perlu mengejutkan kita.  Alkitab berkata dengan jelas bahwa tidak mengelola uang dengan baik adalah suatu kebodohan.  Dan kebodohan tidak pernah berakhir dengan baik.  Amsal 21:20 berkata, Orang bijaksana hidup dengan kekayaan dan kemewahan, tetapi orang bodoh memboroskan uang mereka dengan cepat (GNT).
 
Seringkali budaya sekarang meyakinkan kita untuk belanja sekarang dan bayar belakangan.  Orang Amerika, rata-rata, menghabiskan $1.300 di kartu kredit mereka untuk setiap $1.000 gajian mereka.  Ini langsung menyebabkan hutang, dan Tuhan mengatakan itu bodoh!
 
Saudara, tidak ada seorang pun yang hanyut ke dalam hutang begitu saja atau keluar darinya begitu saja.  Keputusan untuk membangun masa depan keuangan Anda dan berkomitmen untuk bertanggung jawab dimulai dengan keinginan.  Setelah Anda membuat komitmen itu, Anda perlu sebuah rencana untuk mencapainya.
 
Orang-tua saya mengajarkan prinsip 10-10-80 waktu saya kecil.  Ini merupakan cara yang baik untuk dilaksanakan terhadap keputusan finansial Anda.
Berikan kembali 10 persen kepada Tuhan.  Tuhan memberkati apa pun yang Anda berikan pertama kepada Dia.
 
Tabunglah 10 persen untuk Anda sendiri.  Ambil keputusan untuk menabung setiap kali Anda menerima pendapatan atau gaji.
 
Hiduplah dari yang 80 persen.  Cuma orang bodoh yang menghabiskan semua yang mereka dapatkan.
 
Suka atau tidak, Tuhan menggunakan uang menguji Anda.  Ia menguji tanggung jawab Anda.  Waktu di surga nanti, Ia akan bertanya terhadap keputusan keuangan Anda, Apakah Anda bertanggung jawab dengan apa yang Aku berikan di dunia?
  
Bagaimana Anda akan menjawab pertanyaan itu?  Berikan 10 persen dari pendapatan Anda kembali ke Tuhan.  Tabunglah 10 persen.  Hidup dengan sisanya.
 
Renungkan
 
Apakah godaan terbesar Anda dalam hal menangani keuangan Anda dengan bertanggung jawab?
  
Apakah sulit bagi Anda untuk memberikan 10 persen dari pendapatan Anda untuk Tuhan atau untuk ditabung?
 
Siapa yang Anda tahu yang perlu mendengar kotbah tentang pandangan Tuhan terhadap tanggung jawab keuangan? Apa yang Anda bisa lakukan untuk menolong orang itu mengerti khotbah ini?
 
Renungan harian ini diambil dari "Pastor Rick’s Daily Hope by Rick Warren". Digunakan dengan ijin. Renungan harian ini dapat diakses melalui https://global.pastorrick.com/indonesian