talenta yang tidak terpakai“Berbahagialah hamba, yang didapati tuannya melakukan tugasnya itu, ketika tuannya itu datang.”
~Lukas 12:43~
 
Kita semua punya talenta yang tak terpakai.  Tapi ada tiga cara Anda dapat mengembangkan talenta Anda yang dipakai untuk kebaikan dan kemuliaan Tuhan.
 
1. Perkirakan kemampuan Anda.
Anda perlu introspeksi hidup Anda.  Periksa kemampuan Anda.  Apa yang Anda kuasai dengan baik?  Buat daftar.  Jika ada satu hal yang saya bisa katakan kepada anak-anak muda saat ini untuk mereka persiapkan demi  masa depan adalah ini: Tahulah kekuatan Anda. Mengetahui kelemahan Anda.  Memperkirakan kemampuan Anda dengan cahaya iman Tuhan telah memberi Anda.
 
Orang tua, bantulah anak-anak Anda mengerti SHAPE mereka – spiritual gifts (karunia rohani), heart (hati), abilities (kemampuan), personalities (kepribadian), dan experience (pengalaman). Anak-anak Anda punya kemampuan jauh lebih banyak daripada yang mereka pikirkan.
 
2. Persembahkan kemampuan Anda.
Persembahkan kemampuan-kemampuan Anda untuk dipakai Tuhan.  Roma 12:1 mengatakan, “Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati.”
 
3. Kembangkan kemampuan Anda.
Itu berarti terapkan, perbaiki, tajamkan, dan kembangkan.  Setiap kemampuan yang Tuhan berikan pada Anda dapat dikembangkan ketika dipakai.  Alkitab mengatakan dalam Pengkotbah 10:10, “Jika (kampak) besi menjadi tumpul dan tidak diasah, maka orang harus memperbesar tenaga, tetapi yang terpenting untuk berhasil adalah hikmat.”
 
Bagaimana Anda mendapatkan ketrampilan?  Terapkan.  Tuhan katakan Anda perlu mengasah kampak besi Anda.  Kampak yang tumpul membutuhkan tenaga lebih banyak.  Ia katakan bekerjalah lebih cerdik, bukan lebih keras.  Menajamkan kemampuan-kemampuan Anda – bakat Anda, ketrampilan Anda—adalah suatu tanggung jawab rohani.
 
Tuhan telah membuat investasi besar dalam Anda.  Pertama, Ia menciptakan Anda.  Kedua, Ia membentuk Anda dengan karunia rohani dan kepribadian.  Kemudian Ia mengutus Yesus untuk mati bagi Anda.  Tuhan telah membuat investasi yang luar biasa dalam hidup Anda!  Dan Ia mengharapkan laba dari investasi itu.  Ia akan meminta Anda satu hari, "Apa yang kamu lakukan dengan apa yang diberikan?  Apakah kamu menggunakan kemampuan kamu untuk menghormati Aku, untuk melayani orang lain, untuk mencari nafkah, dan menjadi contoh?  Apakah kamu menggunakannya untuk membantu orang lain?  Apakah kamu menggunakannya untuk membantu Gereja?  Apakah kamu menggunakannya untuk mendapatkan uang untuk diberikan pada orang lain yang membutuhkan?  Apa yang Anda lakukan dengan apa yang diberikan? "
 
Dalam Lukas 12:43, Yesus berkata “Berbahagialah hamba, yang didapati tuannya melakukan tugasnya itu, ketika tuannya itu datang.” Saya mau Anda mendapatkan berkat itu.
 
Ketika waktu itu datang dalam hidup Anda, saya tak mau Tuhan menemukan Anda santai-santai, menyia-nyiakan talenta Anda.  Saya mau Ia menemukan Anda memakai talenta Anda sesuai dengan rencana-Nya.
 
Luangkan waktu untuk bersyukur kepada Tuhan sekarang.  Ucapkan terima kasih atas talenta yang Ia berikan pada Anda.  Katakanlah, "Tuhan, aku bahkan tidak tahu semua talenta yang aku punya, tapi aku mengucap syukur untuk itu semua.  Bantulah aku untuk menemukannya.  Hari ini aku dedikasikan kembali kepada-Mu.  Aku ingin menggunakan apa yang telah Engkau berikan untuk tujuan Engkau.  Aku ingin mengembangkan talentaku.  Aku ingin melakukan dengan lebih baik.  Aku ingin menghormati Engkau dengan melakukan yang terbaik.  Aku ingin menggunakan kemampuanku untuk menghormati Engkau, untuk melayani orang lain, untuk mencari nafkah, dan menjadi contoh.  Aku ingin menggunakan kemampuanku untuk memiliki uang dan membagikannya kepada orang-orang miskin dan membantu gereja di tempat saya bertumbuh dan untuk menjangkau orang-orang lain. Bantulah aku. Di dalam nama Yesus aku berdoa.  Amin."
 
Renungan harian ini diambil dari "Pastor Rick’s Daily Hope by Rick Warren". Digunakan dengan ijin. Renungan harian ini juga dapat diakses melalui https://global.pastorrick.com/indonesian