IMG 4673“Tertawalah dengan teman-temanmu yang bahagia ketika mereka bahagia; berbagilah air mata ketika mereka sedih.”

~Roma 12:15 MSG~

Hal yang menarik tentang penderitaan dan sukacita adalah setiap kali Anda berbagi sukacita, sukacita itu menjadi dua kali lipat. Tetapi itu berlawanan dengan penderitaan. Ketika Anda berbagi penderitaan, penderitaan itu akan terbagi dua. Ketika teman-teman Anda melalui masa krisis, mereka perlu Anda untuk membantu membawa beban dan mengurangi penderitaan.

Ketika saya sedang berbicara tentang membagikan penderitaan dengan teman-teman Anda, saya tidak berbicara tentang simpati. Simpati mengatakan, “Aku sedih anda terluka.” Orang tidak memerlukan simpati Anda. Mereka perlu empati Anda. Empati mengatakan, “Aku terluka denganAnda.” Simpati berdiri di kejauhan. Empati menarik lebih dekat. 

Bentuk dasar dari kasih adalah belas kasihan. Belas kasihan mengatakan, “Aku akan melakukan apapun yang aku bisa untuk menghentikan penderitaanmu.” KetikaAnda membaca Alkitab, Anda akan menemukan bahwa Yesus berulang kali bergerak dengan belas kasihan. Dia bersedia melakukan apapun yang dia bisa untuk menghentikan penderitaan orang lain, termasuk pergi ke kayu salib. Dia bersedia mati untuk menghentikan penderitaan Anda. Itulah belas kasihan. 

Alkitab mengatakan dalam Roma 12:15, “Tertawalah dengan teman-temanmu yang bahagia ketika mereka bahagia; berbagilah air mata ketika mereka sedih” (MSG).  Ini berarti menangis bersama mereka. Menangislah dengan orang yang menangis. 

Apa yang teman-teman lakukan? Mereka datang. Mereka membagikan penderitaan, dan mereka diam. Mereka tidak memberikan perkataan yang basa-basi. Mereka tidak memberikan nasihat. Mereka tidak mencoba berbicara kepada teman dari rasa sakitnya. Mereka tidak mengatakan, “Ini akan baik-baik saja.” Mereka hanya mengatakan, “Kami akan duduk disini bersamamu. Kami akan ada disini untuk kamu. Kami akan menderita bersamamu.” 

Teman-teman sejati datang, dan mereka menderita bersama Anda.

Renungkan

Bagaimana Anda bisa menunjukkan belas kasihan kepada teman yang tersakiti?

Gambarkan situasi dimana lebih baik untuk tidak mengatakan apapun tetapi hanya hadir.

Renungan harian ini diambil dari "Pastor Rick’s Daily Hope by Rick Warren." Digunakan dengan ijin. Renungan harian ini dapat diakses melalui https://global.pastorrick.com/indonesian