IMG 4711 2"Doronglah mereka yang pemalu. Uruslah dengan lembut mereka yang lemah. Bersabarlah dengan semua orang.”

~1Tesalonika 5:14 NLT~

Ketika Anda melayani seorang teman yang sedang sekarat, Anda harus memberikan kehadiran fisik Anda kepada teman Anda, tetapi juga memberikan bantuan praktis. Apakah artinya? Ini berarti Anda melakukan apa pun yang perlu dilakukan untuk menolong teman Anda, dan Anda juga menolong dalam cara kecil namun praktis.

Seseorang yang sedang sekarat biasanya tidak merasa nyaman. Mereka sering kesakitan. Anda dapat memberikan kenyamanan dengan memperhatikan hal-hal kecil yang bisa membuat sebuah perbedaan besar. Apakah mereka ingin lampu dinyalakan atau dimatikan? Dapatkah Anda mengambil beberapa kepingan es? Apakah mereka membutuhkan pijatan di punggung? Anda menunjukkan kasih dengan menawarkan bantuan praktis untuk menghilangkan rasa sakit dan ketidaknyamanan.

Jangan takut untuk bertanya. Jangan takut untuk menyarankan sesuatu. Alkitab mengatakan,"Doronglah mereka yang pemalu. Uruslah dengan lembut mereka yang lemah. Bersabarlah dengan semua orang.” (1Tesalonika 5:14 NLT)

Ketika orang-orang dalam keadaan sakit, mereka tidak merasa bahagia. Ketika orang-orang sekarat, mereka sering menjadi rewel karena mereka tidak merasa sehat. Anda menunjukkan kasih sayang ketika Anda menenangkan mereka dan memperluas kebaikan dan kesabaran bagimereka.

Mengapa hal ini penting? Karena salah satu dari ketakutan yang orang-orang hadapi ketika mereka sedang sekarat adalah takut kehilangan kontrol. Pertama mereka tidak bisa mengemudi. Sekarang mereka tidak dapat berjalan atau keluar dari tempat tidur atau menggunakan kamar mandi sendiri.

Anda bisa melayani orang-orang yang sekarat secara sederhana dengan menyadari kebutuhan mereka tetapi juga memberi mereka pilihan dalam bagaimana caranya kebutuhan tersebut ditangani. Setiap kali Anda memberi mereka sebuah pilihan, Anda memberikan kontrol kembali kepada mereka. "Apakah kamu ingin memakai sandalmu atau tidak?" "Apakah kamu ingin aku mengubah saluran televisi? Apa yang ingin kamu tonton?" "Apakah kamu ingin sarapan sekarang atau nanti?”

Kadang-kadang sikap terkecil atau bantuan yang penuh perhatian dapat membuat dampak terbesar pada seseorang yang sedang menghadapi kematian. Kehadiran Anda adalah sebuah pelayanan dengan sendirinya, dan begitu juga kasih sayang Anda melalui bantuan praktis.

Renungkan

Situasi apa yang telah Anda hindari karena Anda tidak tahu bagaimana untuk melayani atau bisa menolong?

Bagaimana perubahan sikap Anda ketika Anda mempertimbangkan dampak kehadiran dan tindakan kecil Anda dapat perbuat?

Jika Anda sedang menghadapi kematian, bagaimana Anda ingin orang-orang untuk melayani Anda?

Renungan harian ini diambil dari "Pastor Rick’s Daily Hope by Rick Warren." Digunakan dengan ijin. Renungan harian ini dapat diakses melalui https://global.pastorrick.com/indonesian