3 langkah berserah 8 hasil“Jikalau engkau ini menyediakan hatimu, dan menadahkan tanganmu kepada-Nya. Engkau dapat mengangkat mukamu tanpa cela, dan engkau akan berdiri teguh dan tidak akan takut. Bahkan engkau akan melupakan kesusahanmu, hanya teringat kepadanya seperti kepada air yang telah mengalir lalu. Kehidupanmu akan menjadi lebih cemerlang dari pada siang hari, kegelapan akan menjadi terang seperti pagi hari. Engkau akan merasa aman, sebab ada harapan, dan sesudah memeriksa kiri kanan, engkau akan pergi tidur dengan tenteram.”

Ayub 11:13-18

Alkitab berkata didalam 1 Yohanes 4:18, ”Di dalam kasih tidak ada ketakutan: kasih yang sempurna melenyapkan ketakutan; sebab ketakutan mengandung hukuman dan barangsiapa takut, ia tidak sempurna di dalam kasih.”

Jadi, bagaimanakah Anda belajar untuk hidup dalam kasih Tuhan sehingga Anda bisa hidup bebas dari ketakutan? 

Setiap hari, Anda harus menyerahkan hati Anda kepada Tuhan.

Ketika Anda bangun setiap pagi, sebelum kaki Anda menginjakkan lantai, Anda harus berkata, ”Tuhan, sebelum aku memulai hari ini, aku menyerahkan emosiku kepada-Mu.  Aku mau Engkau menjadi raja dari perasaanku.  Aku mau Engkau mengontrol pikiranku dan emosiku.  Aku serahkan hatiku kepada Engkau.  Aku ingin Engkau memenuhiku dengan kasih-Mu.”

Ayub 11:13-18 berkata, ”Jikalau engkau ini menyediakan hatimu, dan menadahkan tanganmu kepada-Nya. Engkau dapat mengangkat mukamu tanpa cela, dan engkau akan berdiri teguh dan tidak akan takut. Bahkan engkau akan melupakan kesusahanmu, hanya teringat kepadanya seperti kepada air yang telah mengalir lalu. Kehidupanmu akan menjadi lebih cemerlang dari pada siang hari, kegelapan akan menjadi terang seperti pagi hari. Engkau akan merasa aman, sebab ada harapan, dan sesudah memeriksa kiri kanan, engkau akan pergi tidur dengan tenteram.”

Ada tiga perintah dan  delapan janji Tuhan di dalam ayat tersebut.  Tuhan berkata kalau Anda melakukan ini, maka Ia akan melakukan itu.  Setiap janji Tuhan ada syaratnya.

Pertama, Tuhan memberikan Anda perintah: Serahkan hati Anda kepada Tuhan setiap hari. Berdoalah kepada-Nya.  Jauhkanlah dosa-dosa Anda dan akuilah dosa-dosa Anda kepada-Nya.

Kemudian, perhatikan delapan manfaatnya: Anda dapat mengangkat muka tanpa cela, dan Anda akan berdiri teguh dan tidak akan takut.  Bahkan Anda akan melupakan kesusahan Anda, hanya teringat kepadanya seperti kepada air yang telah mengalir lalu.  Kehidupan Anda akan menjadi lebih cemerlang daripada siang hari, kegelapan akan menjadi terang seperti pagi hari.  Anda akan merasa aman, sebab ada harapan, dan sesudah memeriksa kiri kanan, Anda akan pergi tidur dengan tenteram.

Wow!  Siapa yang tidak ingin merasakan manfaat-manfaat itu?  Anda seharusnya menulis ayat tersebut di selembar kartu dan meletakkannya di suatu tempat sehingga Anda dapat melihatnya selama seminggu.  Biarlah ayat itu mengingatkan Anda untuk melakukan tiga hal itu – serahkan hati Anda kepada Tuhan, berdoalah kepada-Nya, dan akuilah dosa-dosa Anda – sehingga kasih Tuhan akan selalu memenuhi kehidupan Anda dan melepaskan Anda dari segala rasa cemas dan ketakutan.

Cobalah lakukan itu minggu ini, dan perhatikanlah bagaimana Tuhan memenuhi janji-Nya untuk memenuhimu dengan kasih-Nya.


Renungkan


Bagaimanakah keangkuhan dapat menghalangi Anda untuk menyerahkan hidup kepada Tuhan?
Rasa takut apakah yang Anda ingin lepaskan lewat kasih Tuhan? 
Mengapa, menurut Anda, Tuhan mau Anda melakukan sesuatu terlebih dahulu sebelum Ia memenuhi janji-Nya?

Renungan ini diambil dari "Pastor Rick's Daily Hope by Rick Warren". Digunakan dengan ijin. Renungan ini dapat diakses melalui https://global.pastorrick.com/indonesian