belum tiba rumah“Sebab kami tidak memperhatikan yang kelihatan, melainkan yang tak kelihatan, karena yang kelihatan adalah sementara, sedangkan yang tak kelihatan adalah kekal.” 

2 Korintus 4:18


Selagi Anda berupaya mencapai cita-cita yang Tuhan berikan, penting sekali untuk mengingat bahwa hidup di dunia ini hanyalah tugas sementara.  Mengetahui kebenaran ini seharusnya mengubah nilai-nilai hidup Anda secara radikal dan membuat perhatian Anda tertuju kepada hal-hal bersifat kekekalan yang penting.

Seperti yang C.S. Lewis amati, “Semua yang tidak kekal itu selamanya tidak berarti.”

Menganggap kekayaan materi atau kesuksesan dunia sebagai tujuan Tuhan untuk hidup Anda adalah suatu kesalahan fatal. Hidup yang berlimpah tidak ada hubungannya dengan harta benda yang melimpah.  Kesetiaan kepada Tuhan tidak menjamin sukses dalam karir atau bahkan pelayanan.  Jangan pernah memusatkan perhatian Anda kepada mahkota sementara.

Paulus adalah orang yang beriman, tetapi ia masuk penjara. Yohanes Pembaptis adalah orang yang beriman, tetapi ia dipenggal kepalanya.  Jutaan orang beriman mati sebagai martir, kehilangan segalanya, atau tidak punya apa-apa di akhir hidupnya.  Tetapi kematian bukanlah suatu akhir!

Alkitab mengatakan dalam 2 Korintus 4:18, “Sebab kami tidak memperhatikan yang kelihatan, melainkan yang tak kelihatan, karena yang kelihatan adalah sementara, sedangkan yang tak kelihatan adalah kekal”.

Ketika hidup menjadi sulit, ketika Anda kewalahan dengan keraguan, atau ketika Anda bertanya-tanya apakah hidup bagi Kristus itu ada artinya, ingatlah bahwa Anda belum tiba di rumah. Ketika Anda meninggal, Anda tidak meninggalkan rumah, tapi pulang kembali ke rumah.

Renungan

Pikirkan cita-cita Anda perjuangkan setiap hari. Bagaimana usaha Anda mencapainya mencerminkan sudut pandang kekekalan?

Bagaimana seharusnya sudut pandang kekekalan mempengaruhi hubungan Anda dengan sesama? Sikap Anda? Kesaksian Anda?

Menurut Anda mengapa Tuhan memberkati keuangan atau karir Anda jika mahkota dunia bukan sesuatu yang penting?
 
Renungan harian ini diambil dari Pastor Rick's Daily Hope by Rick Warren. Digunakan dengan ijin.