terima kebenaran“Karena kamu telah mendengar tentang Yesus dan menerima pengajaran di dalam Dia…”

Efesus 4:21a

Rahasia perubahan pribadi bukanlah tekad. Rahasianya adalah mengetahui dan menghadapi kebenaran. Anda harus tahu dan menerima kebenaran tentang diri Anda dan sifat Anda.

Tak akan ada perubahan dalam hidup Anda sampai Anda mengenal dan menghadapi kebenaran tentang kelemahan Anda, hubungan Anda dengan sesama, kesuksesan dan kegagalan Anda, dan masa lalu dan masa depan Anda.

Tidak yang berubah sampai Anda mengetahui dan menghadapi kebenaran.  Dan kebenaran itu ditemukan di dalam Yesus Kristus.

Mengapa mempelajari kebenaran itu diperlukan sebelum perubahan di hidup Anda dapat terjadi? Ini alasannya mengapa: Di balik setiap kebiasaan yang menghancurkan diri sendiri ada suatu kebohongan yang Anda yakini. Kalau Anda terperangkap hutang, itu karena Anda percaya dusta seperti “Saya bisa belanja dan tak perlu membayar” atau “Saya akan selalu sanggup membayar kembali.”  Mungkin Anda memperkirakan terlalu tinggi pendapatan Anda, atau mempunyai kepercayaan yang tidak benar bahwa Anda perlu rumah yang lebih besar.

Tetapi apakah begitu? Apakah Anda yakin itu benar? Apakah Anda bisa membuktikan kalau itu benar? Apakah Anda sangat yakin bahwa hal yang Anda percaya mengenai keuangan Anda itu benar? Bagaimana dengan hubungan Anda dengan sesama?

Bagaimana dengan hal-hal yang Anda katakan kepada diri Anda sendiri? Apakah yang Anda pikir tentang masa lalu atau suatu kejadian itu benar seperti apa yang Tuhan katakan?

Alkitab mengajarkan bahwa perubahan pribadi dimulai dengan kebenaran. Kebenaranlah yang memerdekakan Anda. Rasul Paulus berkata, “Karena kamu telah mendengar tentang Yesus dan menerima pengajaran di dalam Dia…” (Efesus 4:21a). Siapakah kebenaran itu? Tuhan Yesus, dan karena Yesus adalah kebenaran, Ia akan selalu mengatakan yang benar. Firman-Nya adalah kebenaran. Alkitab adalah Firman-Nya, dan itu artinya Alkitab adalah benar (2 Timotius 3: 16-17).

Apa yang Anda dengar di televisi atau baca lewat buku tidak selalu akan membantu Anda, karena itu tidak selalu benar.  Sudahkah Anda tahu tentang itu? Tetapi apa yang Tuhan katakan kepada Anda akan selalu benar.  Firman Tuhan menunjukkan kepada Anda bagaimana caranya kembali kepada hidup yang Tuhan ciptakan untuk Anda, dan kemudian menuntun Anda untuk tetap berada di jalan Tuhan.

Inilah mengapa penting sekali bagi Anda untuk mempunyai saat teduh setiap hari merenungkan Firman Tuhan.  Tiada yang akan berubah sampai kebenaran itu tertanam di hati Anda.  Selama Anda membangun hidup Anda di atas dasar kebohongan, kesalahpahaman, kecurangan, atau hal yang cuma separuh benar, Anda tidak akan pernah berubah.  Tetapi ketika Anda menghadapi dan menanggapi kebenaran itu, Anda akan mulai melihat perubahan di dalam hidup Anda.

Renungkan

Pernahkan Anda mengambil waktu untuk berpikir dan berdoa tentang kelemahan-kelemahan Anda?

Mengapa ini penting untuk dilakukan?

Mengapa Anda dapat meyakini bahwa Alkitab adalah Firman Tuhan?

Mengapa Anda perlu mengubah jadwal dan prioritas Anda sehingga Anda dapat meluangkan waktu setiap hari untuk membaca Firman Tuhan?

 
Renungan harian ini diambil dari Pastor Rick's Daily Hope by Rick Warren. Digunakan dengan ijin.