perubahan perlu pilihan“Kamu … harus menanggalkan manusia lama, yang menemui kebinasaannya oleh nafsunya yang menyesatkan.”

Efesus 4:22


Perubahan memerlukan pilihan.  Tidak cukup bermimpi untuk berubah. Tidak cukup untuk mengiginkan perubahan.  Supaya Anda bisa berubah, Anda akan perlu mengambil suatu keputusan.  Anda harus memilih untuk berubah.

Perubahan adalah sesuatu yang dikehendaki.  Apakah Anda ingin menjadi orang yang berbeda enam bulan dari sekarang? Apakah Anda ingin menjadi orang yang lebih baik satu tahun dari sekarang? Apakah Anda ingin lebih sehat, kuat, dan matang? Apakah Anda ingin lebih bahagia? Apakah Anda ingin hutang lebih sedikit? Apakah Anda ingin seperti yang Tuhan Inginkan?

Saya bisa beritahu Anda jawabannya sekarang juga: Itu hanya akan terjadi jika Anda memilih untuk berubah, karena itu tidak akan terjadi secara kebetulan.

Hal itu memerlukan suatu pilihan.

Sering kali kita berpikir bahwa kita sedang menunggu Tuhan untuk mengubah kita. Tidak!  Tuhanlah yang menunggu Anda.  Ia menunggu Anda untuk mengatakan, “Ya, Tuhan, aku bersedia untuk berubah.”

Kita harus membuat pilihan secara sadar untuk bisa bertumbuh.  Tidak ada pertumbuhan tanpa perubahan, tidak ada perubahan tanpa kehilangan, dan tidak ada kehilangan yang tidak menyakitkan.  Jika Anda mau bertumbuh, Anda harus mau berubah, dan berubah artinya melepaskan yang lama untuk mendapatkan yang baru.  

Seperti ayunan gantung dalam permainan akrobat. Ketika berayun, pemain akrobat melepaskan tangannya dari satu ayunan, dan kemudian harus menangkap ayunan yang lain.  Pada satu titik, ia harus melepaskan yang satu untuk menangkap yang lain; kalau tidak,  ia tidak akan sampai ke seberang.  Kalau ia mencoba untuk memegang keduanya, apa yang terjadi? Ia akan terperangkap di tengah-tengah, dan dia akan jatuh.

Beberapa di antara Anda ada yang terperangkap di tengah-tengah, dan Anda akan jatuh karena Anda belum melepaskan hal yang lama, kebiasaan lama, dan cara berpikir lama.  Anda harus melepaskan cara-cara Anda yang lama.

Alkitab mengatakan, “Kamu harus menanggalkan manusia lama….” (Efesus 4:22a).  Dengan kata lain, relakan.  Kebiasaan lama, luka lama, pola lama, dosa lama di hidup Anda- tinggalkanlah itu semua.  Alkitab mengajarkan untuk membuang itu semua dan percaya bahwa Tuhan sedang bekerja dalam diri Anda “baik kemauan maupun pekerjaan menurut kerelaan-Nya” (Filipi 2:13b)



Renungkan

Perubahan apakah yang sedang Anda tunggu dari Tuhan untuk hidup Anda? Menurut Anda, apakah tanggung jawab Anda untuk membuat perubahan itu terjadi?

Bagaimanakah tanggung jawab terhadap orang-orang percaya lainnya membantu Anda dalam membuat keputusan untuk berubah dan kemudian meneruskannya?

Apa yang perlu Anda lakukan setelah Anda memilih untuk berubah? Langkah apa yang akan membantu Anda untuk maju?
 
 
Renungan harian ini diambil dari Pastor Rick's Daily Hope by Rick Warren. Digunakan dengan ijin.