Tumbuh Secara Rohani : Ganti Kebiasaan Lama Dengan Yang Baru

ganti kebiasaan lama“Perhatikanlah semuanya itu. Hiduplah di dalamnya supaya kemajuanmu nyata kepada semua orang.”

1 Timotius 4:15


Walaupun Anda diberikan sifat dasar yang baru pada saat menjadi orang percaya, Anda masih mempunyai kebiasaan yang lama, pola, dan praktek yang perlu dihilangkan dan diganti.

Lepaskan rasa takut yang menghambat Anda untuk tumbuh.  
Kebenaran akan memerdekakan kita, tetapi terkadang membuat kita menderita terlebih dahulu.  Rasa takut akan apa yang mungkin kita temukan jika kita jujur menghadapi kecacatan karakter kita membuat kita hidup dalam penjara penolakan.  Hanya ketika Tuhan mengizinkan sinar kebenaran-Nya menyoroti kesalahan, kegagalan, dan kebiasaan buruk kita, maka kita dapat mulai bekerja memperbaikinya.  Inilah mengapa Anda tidak dapat bertumbuh tanpa kerendahan hati dan sikap hati yang mau diajar.

Berhentilah mendasarkan identitas Anda pada seputar “kelemahan” Anda.  
Kita berkata, “Memang saya suka menjadi…” dan “Memang saya seperti ini adanya.”  Tanpa sadar kekuatiran kita bisa seperti ini, yaitu jika saya melepaskan kebiasaan saya, sakit hati saya, dan masalah saya, lantas saya itu menjadi siapa?  Ketakutan ini dapat benar-benar memperlambat pertumbuhan Anda.

Seperti yang saya tulis kemarin, perlu waktu untuk membangun kebiasaan baik.  Ingatlah bahwa karakter Anda adalah gabungan dari seluruh kebiasaan Anda.  Anda tidak bisa bilang Anda punya integritas kecuali memang Anda punya kebiasaan untuk selalu jujur.  Seorang suami yang pada umumnya setia kepada isterinya itu tidak setia sama sekali.  Kebiasaan Anda menentukan karakter Anda.

Ingatlah: Anda harus mempraktekkan setiap hari kebiasaan yang akan membuat Anda lebih serupa seperti Kristus. “Hiduplah di dalamnya supaya kemajuanmu nyata kepada semua orang” (1 Timotius 4:15).

Renungkan


Kebiasaan buruk apa yang Anda biarkan mendefinisikan Anda?

Bagaimana Anda dapat merendahkan diri Anda dan menunjukkan kepada Tuhan bahwa Anda siap untuk menghadapi masalah-masalah Anda?

Apa yang perlu Anda ubah dari hidup Anda – jadwal Anda, dengan siapa Anda bergaul, bagaimana Anda menghabiskan waktu luang, dan lain sebagainya— sehingga Anda dapat bekerja setiap hari membangun kebiasaan yang lebih baik?

 
 
Renungan harian ini diambil dari Pastor Rick's Daily Hope by Rick Warren. Digunaka dengan ijin.