Apakah Anda Takut Salah Membuat Keputusan “Ia menuntun aku di jalan yang benar oleh karena nama-Nya.”

Mazmur 23:3b

Seringkali kita takut salah membuat keputusan, dan itu menciptakan stress dalam hidup kita

Mungkin Anda dihadapkan kepada keputusan tentang suatu perkara yang besar: “Haruskah saya pertahankan, atau haruskah saya relakan?” “Haruskah saya masuk atau keluar?” “Haruskah saya menikah?” “Haruskah saya mencari pekerjaan baru?” “Haruskah saya pindah?”

Ketika Anda tidak dapat mengambil keputusan, Anda terhuyung-huyung menjalani hidup. Kenyataannya, Alkitab berkata bahwa orang yang mendua hati tidak akan tenang dalam hidupnya (Yakobus 1).  Kata Yunani untuk tidak stabil secara literatur berarti “terhuyung-huyung seperti mabuk.”Tetapi Tuhan berkata bahwa ada penawar untuk kebimbangan kita.  Mazmur 23:3 mengatakan, “Ia menuntun aku di jalan yang benar oleh karena nama-Nya.”  Kita menanggapi tekanan dalam mengambil keputusan dengan mengijinkan Tuhan menuntun kita.

Mungkin Anda berpikir, “Tetapi saya sudah mencobanya!” Anda meminta tuntunan Tuhan, tetapi kemudian Anda malah menjadi lebih bingung dari sebelumnya. Anda masih belum menemukan jawabannya. Sekarang Anda heran, “Mengapa mengetahui kehendak Tuhan begitu sulit?”

Apakah Tuhan bermain-main dengan kita? Tentu tidak! Tuhan ingin membimbing kita. Ia ingin kita tahu akan kehendak-Nya lebih daripada yang kita inginkan.  Masalahnya adalah seringkali kita mencari hal yang keliru ketika kita sedang mencoba untuk menemukan kehendak Tuhan.

Contohnya, beberapa dari kita mencari perasaan. Kita ingin dilingkupi oleh perasaan yang melimpah ruah sehingga kita dapat berkata, “Itulah caranya saya tahu kalau itu kehendak Tuhan!” Beberapa dari kita ingin pendekatan sistematis terhadap kehendak Tuhan. Kita ingin seseorang memberi kita resep atau rumus untuk diterapkan. Beberapa dari kita mengambil pendekatan gaib kepada kehendak Tuhan. Kita mencari Tuhan untuk melakukan tanda ajaib – menulis di langit, menghubungi Anda di telepon, mengirimi kita telegram.

Semua cara ini membuat kita frustasi dan tidak memahami kehendak Tuhan. Kehendak Tuhan bukanlah perasaan atau rumus atau sesuatu yang Tuhan ingin kita menjadi frustasi atau takut.Tuhan tidak ingin Anda bingung, dan Ia tidak ingin Anda tertekan dalam mengambil keputusan apa pun. Tuhan selalu di sana, membimbing Anda dalam setiap langkah sepanjang jalan.

Renungkan 

Keputusan besar apa yang baru-baru ini Anda hadapi?

Bagaimana cara Anda mencari kehendak Tuhan?

Mengapa Tuhan ingin Anda menggunakan Alkitab untuk membantu membuat keputusan?

Apa yang mencegah Anda untuk percaya bahwa Tuhan akan membimbing Anda dalam setiap keputusan yang harus Anda buat?

 

Renungan harian ini diambil dari Pastor Rick's Daily Hope by Rick Warren. Digunakan dengan ijin.