menentukan “Orang yang demikian janganlah mengira, bahwa ia akan menerima sesuatu dari Tuhan. Sebab orang yang mendua hati tidak akan tenang dalam hidupnya”

Yakobus 1:7-8

Dalam puisi Dr. Seuss yang berjudul “The Zode in the Road”, si Zode yang masih muda ini suatu kali tiba di persimpangan jalan dan mengambil waktu cukup lama untuk menentukan ia mesti ke arah mana. Ia berpikir mungkin yang satu akan terlalu panas, yang lain akan terlalu dingin, atau terlalu tinggi, atau terlalu rendah. Setelah menggaruk-garuk kepalanya tanpa bisa memutuskan, akhirnya si Zode memutuskan untuk mengambil jalan yang aman, yaitu “melangkah ke dua tempat sekaligus!”

Ini berarti si Zode tidak ke-mana mana.

Keputusan apa yang Anda harus ambil? Saya anjurkan untuk melakukan sesuatu yang besar dalam kehidupan Anda bagi Kristus. Jangan sia-siakan hidup Anda. Jangan hidup tanpa upaya yang sebaik-baiknya. Jangan sekedar hidup menghabiskan waktu tanpa tujuan! Ambil keputusan-keputusan yang menentukan panggilan Anda.

Ada empat keputusan yang mengubah hidup dan yang harus tiap orang ambil:

1. Menyerahkan hidup Anda untuk Kristus dan menjadi bagian dari keluarga-Nya. Kalau Anda belum lakukan itu, tunggu apa lagi? Tidak memutuskan adalah juga suatu keputusan.

2. Menjalankan kebiasaan-kebiasaan yang bisa menumbuhkan Anda secara rohani. Jangan menjadi seorang Kristen yang plin plan, suam-suam kuku, dan dangkal. Majulah terus. Jadilah seseorang yang Tuhan kehendaki sesuai dengan rancangan-Nya.

3.Pakailah talenta, karunia rohani, kemampuan, dan pengalaman Anda untuk melayani Tuhan dan orang lain. Kalau Anda selama ini hanya duduk di bangku cadangan, sekarang saatnya Anda ikut bermain.

4. Kabarkan tentang Yesus kepada orang lain. Setelah Anda tahu tentang Kabar Baik, Anda harus menjadi utusan supaya orang lain juga bisa mendengarnya.

“Orang yang demikian janganlah mengira, bahwa ia akan menerima sesuatu dari Tuhan. Sebab orang yang mendua hati tidak akan tenang dalam hidupnya” (Yakobus 1:7-8).

Keputusan ada di-tangan Anda!

Renungkan

Mengapa Tuhan menginginkan kita untuk mengambil keputusan mengenai panggilan kita?

Bagaimana sikap yang plin plan dan suka menunda telah menghalangi Anda untuk melakukan sesuatu yang besar untuk Tuhan?

Keputusan apa yang Tuhan mau Anda ambil hari ini? Bagaimana Anda menanggapinya?

 
Renungan harian ini diambil dari "Pastor Rick's Daily Hope by Rick Warren".