penundaan“Ingatlah kepada seluruh perjalanan yang kaulakukan atas kehendak TUHAN, Allahmu, di padang gurun selama empat puluh tahun ini dengan maksud merendahkan hatimu dan mencobai engkau untuk mengetahui apa yang ada dalam hatimu, yakni, apakah engkau berpegang pada perintah-Nya atau tidak” 

Ulangan 8:2

 
Impian Anda tidak akan pernah tercapai dengan segera. Selalu ada saat untuk menunggu. Orang Israel dibawa keluar dari Mesir dan mengembara selama empat puluh tahun sebelum mereka masuk ke Tanah Perjanjian, meskipun perjalanan itu seharusnya cuma memerlukan beberapa minggu saja.
 
Sama seperti orang Israel, kadang-kadang kita tertunda karena maksud Tuhan. Setiap impian mempunyai kesulitan. Tuhan memakai penundaan untuk mempersiapkan kita untuk menghadapi kesulitan-kesulitan tersebut.
 
Tuhan juga memakai penundaan untuk menguji kita. Alkitab berkata dalam Ulangan 8:2, “Ingatlah kepada seluruh perjalanan yang kaulakukan atas kehendak TUHAN, Allahmu, di padang gurun selama empat puluh tahun ini dengan maksud merendahkan hatimu dan mencobai engkau untuk mengetahui apa yang ada dalam hatimu, yakni, apakah engkau berpegang pada perintah-Nya atau tidak”.Jadi ketika impian Anda tertunda, bagaimana cara Anda menanggapinya?
 
Jangan takut!
 
Menjadi ketakutan adalah kesalahan pertama yang orang Israel lakukan. Ulangan 1:28a berkata, “Ke manakah pula kita maju? Saudara-saudara kita telah membuat hati kita tawar dengan mengatakan: Orang-orang itu lebih besar dan lebih tinggi dari pada kita”.Orang Israel memiliki iman untuk keluar dari tanah Mesir, tapi mereka tidak memiliki iman untuk masuk ke tanah perjanjian. Mereka takut.
 
Ketakutan membatasi Anda di padang gurun. Ketakutan memperpanjang penundaan. Banyak dari impian Anda yang tidak akan pernah terlaksanakan, bukan karena Tuhan, tapi karena Anda, karena Anda tidak mau melangkah dengan iman.Obat penangkal dari rasa takut adalah iman, dengan fokus pada penyertaan Tuhan. Sadarilah bahwa Tuhan beserta dengan Anda. Ia berkata, “Janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau” (Yesaya 41:10a). Ia beserta dengan Anda sekarang, Ia telah beserta dengan Anda di masa lalu, dan Ia akan selalu beserta dengan Anda.
 
Mungkin sekarang Anda pada tahap penundaan. Anda terus berdoa mengenai sesuatu, dan belum dijawab. Anda mungkin Tuhan sudah lupa dengan Anda.
 
Tuhan tidak lupa dengan Anda! Penundaan ini memang maksud dari Tuhan. Tuhan tahu apa yang sedang Anda lalui. Ia mau membentuk karakter Anda, dan Ia mau Anda belajar untuk mempercayai-Nya. Anda bisa mengandalkan Dia untuk pertolongan-Nya. Janganlah takut.
 

Renungkan
 
Bagaimana ujian dari Tuhan telah menghasilkan pertumbuhan rohani dalam hidup Anda?
 
Apa ketakutan Anda dengan kemana Tuhan mungkin memimpin Anda atau apa yang Ia minta Anda lakukan?
 
 
 
Renungan harian ini diambil dari "Pastor Rick's Daily Hope by Rick Warren".