meminta“Jadi jika kamu …tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan yang baik kepada mereka yang meminta kepadaNya.”

Matius 7:11


Tuhan adalah sumber dari segala-galanya. Semua yang Anda lihat di dunia ini dan semua yang Anda tidak lihat di dunia ini, dan di alam semesta ini, Tuhanlah yang ciptakan. Ia adalah sumber dari setiap hal yang baik dalam alam semesta ini.

Saat Anda bergantung pada Tuhan sebagai sumber dari segala sesuatu, ada empat kebenaran yang harus Anda ingat.

Pertama, segala sesuatu adalah hadiah dari Tuhan. Tidak ada satu pun yang Anda miliki karena upaya Anda sendiri. Semua yang Anda miliki adalah suatu pemberian dari kebaikan Tuhan. Kalau Tuhan tidak mau berikan, Anda tidak akan memilikinya.

Alkitab mengatakan kepada kita di Yakobus 1:17, “Setiap pemberian yang baik dan setiap anugerah yang sempurna, datangnya dari atas, diturunkan dari Bapa segala terang. Oleh sebab itu kalimat ketiga Doa Bapa Kami dimulai dengan kata “berikan”. “Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya.” Kenapa? Karena itu semua adalah hadiah atau pemberian. Anda tidak bisa mendapatkannya sendiri.

Kedua, tidak ada kebutuhan Anda yang Tuhan tidak bisa sediakan. Anda tidak tahu apa yang akan Anda butuhkan untuk tahun ini. Apa pun juga itu, Tuhan mempunyai kuasa untuk menyediakannya.

Alkitab berkata tentang ini dalam Filipi 4:19: “…Allahku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan keuliaan-Nya dalan Kritus Yesus.” Sumber yang mulia itu begitu berlimpah karena hanya Tuhan yang penuh dengan kelimpahan. Tuhan memiliki sumber daya yang tidak terbatas.

Ketiga, Tuhan mau memberikan Anda apapun juga yang Anda butuhkan. Matius 7:11 berkata, “Jadi jika kamu …tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan yang baik kepada mereka yang meminta kepadaNya!” (Matius 7:11) Tuhan mau mencukupi kebutuhan Anda.

Dan, inilah yang keempat: Ia sedang menunggu Anda.
Apabila Anda memiliki kebutuhan dalam hidup yang tidak terpenuhi, itu bukan salah Tuhan. Anda bukan sedang menunggu pada Tuhan. Tuhan lah yang sedang menunggu Anda! Kesulitannya bukanlah Tuhan tidak mau memberikan apa yang kita butuhkan; tetapi Andalah yang tidak pernah meminta kepada-Nya. Yakobus 4:2 berkata,” … Kamu tidak memperoleh apa-apa, karena kamu tidak berdoa.”

Renungkan

Kepada siapakah Anda berharap untuk memenuhi kebutuhan Anda?

Apakah yang sedang Anda nantikan sebelum Anda meminta Tuhan untuk kebutuhan Anda?

Bagaimanakah Anda dapat lebih menyadari bagaimana Tuhan sedang memenuhi kebutuhan-kebutuhan Anda dan menjawab doa-doa Anda?
 
 
Renungan harian ini diambil dari "Pastor Rick's Daily Hope by Rick Warren".